RPP Satu Halaman, Belasan Komponen Menjadi Tiga Komponen Inti

ArtikelPendek.com – Baru-baru ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim telah mengeluarkan kebijakan baru tentang penyusunan RPP yang disebut-sebut dengan nama RPP Satu Halaman.

RPP ini merupakan sebuah penyederhanaan dari RPP sebelumnya dan berlaku bagi guru di satuan pendidikan SD, SLB, SMP/MTs, SMA/SMK/MA.

Di dalam RPP Satu Halaman ini kita akan menemukan banyak perubahan pada beberapa komponen yang biasanya muncul dalam model RPP sebelumnya. Bahkan komponen-komponen tersebut tampak dihilangkan.

Tapi jika kita perhatikan lebih lanjut, sebetulnya komponen tersebut tidak dihilangkan. Melainkan disederhanakan menjadi tiga komponen yang terdiri dari Tujuan Pembelajaran, Langkah Pembelajaran dan Penilaian (Assessment).

Tujuan disederhanakannya RPP saat ini, Mendikbud berharap agar beban administrasi para guru menjadi lebih ringan. Yang kemudian akan lebih fokus pada proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.

Di dalam sebuah rapat bersama Kepala Dinas Pendidikan Se-Indonesia, Nadiem menjelaskan “Jadi yang tadinya ada belasan komponen, kita bikin jadi tiga komponen inti. Yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen atau penilaian pembelajaran“.

Dibawah ini saya menemukan salah satu contoh RPP yang sudah disederhanakan. Semoga contoh ini bisa dijadikan sebagai referensi untuk bapak/ibu guru dalam pembuatan RPP.

Contoh RPP Satu Halaman PPKn Kelas IX Semester Ganjil

RPP Satu Halaman, Belasan Komponen Menjadi Tiga Komponen Inti

Untuk mata pelajaran lain seperti Matematika, Bahasa Indonesia/Inggris/Sunda, IPA, IPS, PAI, Seni Budaya, Prakarya/TIK, dan mapel lainnya, model RPP-nya tidak jauh beda dengan contoh diatas. (AP).

Tinggalkan Balasan