Cara Mengatasi Internet Smartfren Lemot, Dijamin Ngebut!

ArtikelPendek.com – Jika kamu tau caranya, mengatasi koneksi internet Smartfren lemot adalah sesuatu yang cukup mudah.

Biasanya, koneksi internet yang lemot diakibatkan beberapa faktor. Termasuk kondisi jaringan dan smartphone itu sendiri.

Untuk itu, sebelum masuk pada langkah cara mengatasi koneksi internetnya, kamu harus tau dulu apa saja penyebab koneksi internet Smartfren kamu jadi lemot.

Penyebab Internet Smartfren Lemot

Paket Unlimited Sudah Mencapai PUF

Apa itu PUF? PUF adalah singkatan dari Fair Usage Policy, yang artinya kebijakan penggunaan wajar.

Nah, jika kamu menggunakan paket unlimited Smartfren, kamu harus tau tentang hal ini.

Sehingga, ketika internet di Smartfren kamu tiba-tiba lemot, kamu tidak kaget lagi.

Biasanya pihak Smartfren akan mengingatkan pengguna yang telah mencapai batas pemakaian wajar ini melalui SMS cinta.

Isi SMS cinta itu seperti ini : “Batas pemakaian wajar internet sudah tercapai. Lanjut internet cepat dgn Booster 9rb/tambah kuota beli Volume 4GB 10rb di mysf.id/android & mysf.id/iOS (UNL001)

Saya sendiri sering loh dapat SMS cinta seperti itu, hehehe 🙂

Sinyal Smartfren Tidak Full

Internet Smartfren Lemot

Faktor yang kedua adalah kondisi sinyal yang tidak maksimal.

Jika sinyal Smartfren di hp kamu tidak full, ada beberapa hal yang memengaruhinya.

  • Kepadatan pengguna dalam satu wilayah,
  • Teknologi yang tersedia pada wilayah tertentu,
  • Topografi,
  • Lokasi penggunaan,
  • Perangkat yang digunakan, dan
  • Jenis layanan yang digunakan.

Jadi, jika internet di Smartfren kamu kurang ngebut, silakan dicek beberapa hal yang dapat memengaruhinya diatas.

Sebelumnya Mengalami Masalah Jaringan

Jika sebelumnya ada masalah dengan jaringan di hp kamu, kemudian tiba-tiba koneksi internet Smartfren kamu jadi lemot. Untuk mengatasinya silakan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Masuk ke Pengaturan
  2. Aktifkan opsi Airplane Mode
  3. Biarkan selama kurang lebih 1 menit
  4. Setelah 1 menit, matikan Airplane Mode
  5. Selesai

Catatan: Hp yang saya gunakan adalah Oppo F9. Jika kamu pengguna selain Oppo, prosesnya sama aja. Kamu hanya harus mencari Airplane Mode dan mengaktifkannya.

Dengan cara diatas, maka jaringan Smartfren di hp kamu akan diperbarui secara otomatis.

Memori Perangkat Sudah Penuh

Mungkin masih sedikit yang tau tentang hal ini ya?! Ternyata memori hp juga memengaruhi kecepatan internet loh.

Nah, untuk mengatasinya, ada dua hal yang perlu kamu periksa.

  1. Memori Internal
  2. Akses RAM

Sekarang kita periksa yang pertama dulu, memori internal.

Ruang Penyimpanan Memori Internal Smartphone

Kamu periksa memori internal dengan cara masuk ke Pengaturan lalu Storage / Penyimpanan.

Jika kamu melihat ruang penyimpanannya sudah penuh, maka yang harus kamu lakukan adalah menghapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan dan membersihkan cache aplikasi yang terinstall.

Untuk cara menghapus aplikasi dan menghapus cache saya rasa kamu sudah tau ya?! Jadi tidak perlu saya jelaskan disini.

Selanjutnya kita masuk pada pemeriksaan yang kedua, akses RAM.

Untuk memeriksa akses RAM, coba kamu tekan tombol “Home” atau Task Manager di hp. Maka kamu akan melihat beberapa aplikasi dan widget yang berjalan di belakang.

Nah, perlu kamu ketahui.

Sistem widget yang berjalan di belakang ini akan selalu aktif dan bisa mengonsumsi memori tergantung besarnya widget tersebut.

Untuk itu, hapus atau matikan aplikasi dan widget yang berjalan di belakang tersebut.

Cara Atasi Internet Smartfren Lemot

Untuk membuat koneksi internet Smartfren di hp kamu jadi lebih cepat, ada beberapa cara yang bisa kamu coba.

Pertama, memastikan jaringannya 4G LTE.

Cara agar jaringan di hp kamu jadi 4G LTE, kamu bisa melihat pada artikel saya sebelumnya tentang mengunci jaringan 4G LTE di hp Oppo dan Samsung.

Sebetulnya cara itu bisa juga dipakai pada hp selain Oppo dan Samsung, hanya saja waktu itu hp yang saya gunakan untuk demonstrasi adalah hp Oppo.

Selain cara itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi bernama 4G LTE Switcher untuk mengaktifkan jaringan 4G LTE di semua tipe hp.

Jaringan 4G LTE

Kedua, menambahkan APN (Access Point Name).

Cara yang satu ini belum pernah saya coba, makanya saya belum tau apakah cara ini berhasil membuat internet Smartfren jadi lebih cepat atau tidak.

Tapi, jika kamu ingin mencobanya, saya tulis langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Masuk ke Pengaturan
  2. Masuk ke menu Dual SIM & Cellular Network
  3. Pilih SIM 1 atau 2 (pilih kartu Smartfren kamu)
  4. Masuk ke menu Access Point Name
  5. Klik tombol tambah (+) yang ada di pojok kanan atas
  6. Kemudian isikan data dibawah ke hp kamu
    1. Name : smart1
    2. Number : *98#
    3. Username : CDMA atau WAP
    4. Password : CDMA atau WAP
  7. Klik Simpan
  8. Selesai

Sekarang kmau bisa mencoba koneksinya, apakah jadi ngebut atau masih lemot.

***

Saran saya, ketahui dulu akar masalahnya. Sehingga kamu bisa mengatasi koneksi internet Smartfren kamu dengan tepat.

Jika hanya coba-coba mengatasi tanpa tau penyebabnya, mungkin kamu akan melakukan hal yang sia-sia. (AP).

This Post Has 6 Comments

  1. bila

    kan saya menggunakan smartfren unlimited yg 28 gb sehari 1gb tapi lewat batas wajar masih lancar tapi pas malan malah lemot bngt gimana tuh ka

    1. Dani Mulyadi

      Seperti yg kita tau, Smartfren itu punya kuota Fup. Nah, kayaknya waktu itu Bila udah menghabiskan kuota Fup nya, sehingga kecepatan internetnya jadi menurun

  2. Uchi nurfadlila

    Gini kak aq kan pakai kuota Smartfren nonstop tuh, nah kuota utamanya cuman 6 gb kak, nah setelah batas pemakaian 6 gb itu habis, jaringannya jadi lemot kak, padahal sebelumnya masih aman aman aja kok? Kenapa bisa gitu ya kak? Makasih

    1. Dani Mulyadi

      Emang seperti itu mba Uchi, setelah kuota FUP nya habis maka jaringan Smartfren nya akan mengalami penurunan speed / kecepatan 🙂
      Untuk mengatasinya, mba bisa beli paket kuota booster untuk mengembalikan kecepatannya

    2. Raihan

      Sebelum paket habis 1bulan kuota malam lancar jaya. Tapi setelah itu saya belum mengisi sekitar 4harian, habis isi siang masih lancar sebelum fub… pas nunggu kuota malam (1-5pagi) signalnya jelek bet kaga seperti yg dulu gimana tu ka, apa lerlu stelan apnnya diganti..?

      1. Dani Mulyadi

        Ketika sinyal mulai lemot, itu berarti kuota FUP nya udah habis mas Raihan. Biasanya suka ada notifikasi lewat SMS kalo batas pemakaian wajarnya udah habis. Coba dicek inbox SMS nya ya 🙂
        Nah, kalo bener udah habis FUP nya, mas Raihan bisa beli paket booster agar kecepatannya kembali wussss

Tinggalkan Balasan