Wajib Tahu, Inilah Cara Merawat Laptop untuk Pemula

ArtikelPendek.com – Cara merawat laptop sangat penting untuk dilakukan. Selain menjaga performanya tetap stabil, merawatnya dengan baik juga membuatnya lebih awet secara keseluruhan.

Terlebih lagi komputer lipat Ini bukan barang yang murah. Apalagi kalau sampai terjadi kerusakan, biaya reparasinya akan sangat menguras dompet.

Perlu kita pahami, ada beberapa sparepart utama pada laptop yang harus kita jaga dengan baik.

Bisa dibilang sparepart utama ini adalah nyawa dari komputer itu sendiri. Namun, hal ini tidak membuat kamu bisa menyepelekan sparepart lain yang ada pada laptop.

Tentunya perawatan secara menyeluruh jauh lebih direkomendasikan untuk membuat komputer kamu tetap bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Terlebih lagi untuk para pemula yang memang belum lama menggunakan laptop dalam aktivitasnya.

***

Seringkali kesalahan yang sepele membuat laptop kamu menjadi rusak.

Langsung saja, Inilah cara merawat laptop untuk pemula yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Bahkan, jika kamu tidak memahami teknis penggunaannya dengan baik sekalipun.

Jangan Lipat Laptop Ketika Masih Panas

Ketika selesai kamu gunakan, biasanya para pengguna akan langsung menutup laptop dan memasukkannya ke dalam tas. Padahal sebenarnya kebiasaan ini bisa merusak laptop itu sendiri. Terutama pada bagian layar.

Hawa panas dari motherboard yang didekatkan dengan layar laptop akan meninggalkan bekas pada layar sehingga sulit untuk dihilangkan. Kalau hal ini kamu lakukan secara berulang kali, hal ini bisa membuat LCD layar cepat rusak dan memiliki dot.

Karenanya, kalau kamu sudah menggunakan laptop dalam jangka panjang, tunggulah hingga laptop tersebut dingin terlebih dahulu sebelum menutupnya.

Tidak perlu lama, waktu 10 hingga 15 menit saja cukup untuk mendinginkan processor dan motherboard komputer lipat ini.

Jangan Gunakan Laptop Ketika Baterainya Sangat Minim

Cara merawat laptop selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan ketika baterai kamu sedang minim. Biasanya ada notifikasi khusus apabila kapasitas baterai sudah mencapai titik akhir. Kalau sudah seperti ini, hentikan penggunaan laptop.

Sebaiknya kamu cas lebih dahulu baterai kamu. Tunggu hingga baterainya benar-benar penuh. Setelah itu, baru kamu teruskan pekerjaan yang tertunda sebelumnya.

Jangan pernah menggunakan laptop ketika masih di cas.

Penggunaan laptop ketika di cas akan membuat baterai cepat aus. Tentu saja kinerja baterai tidak akan maksimal lagi jika telah aus seperti ini. Daya tahannya tidak akan bertahan seperti sediakala. Bahkan parahnya, baterai bisa menjadi drop dan tidak bisa kamu gunakan lagi.

Bersihkan Debu yang Menempel Pada Keyboard Secara Rutin

Selain beberapa trik di atas, cara merawat laptop lainnya adalah dengan menjaga kebersihan keyboard laptop kamu. Tidak perlu ribet, cukup pastikan keyboard laptop kamu itu bersih dari debu. Bersihkan saja secara rutin.

Jangan gunakan kapas karena kapas yang tertinggal bisa menggumpal dan merusak kinerja keyboard jika sudah berjumlah banyak. Gunakan saja cotton bath atau lap lembut. Kalau keyboard kamu bersih dari debu, keyboard pasti tahan lama dan jauh dari error button.

Gunakan Kipas Portable untuk Membuat Laptop Tetap Dingin

Perawatan lainnya adalah dengan menggunakan device tambahan.

Salah satu yang paling utama adalah kipas. Kamu bisa menggunakan kipas portable yang menggunakan usb. Tujuannya adalah untuk mendinginkan CPU pada laptop ketika kamu gunakan.

Menambahkan kipas ini bisa membuat daya tahan mesin jauh lebih tangguh. Meskipun murah, tapi dampaknya sangat besar terhadap kinerja laptop. Kalau mesin terlalu panas, bisa jadi mesin mengalami overheat dan menyebabkan chipset menjadi hangus.

***

Untuk kinerja maksimal, lakukan semua cara merawat laptop di atas sejak saat ini juga. (AP)

Dani M.

Salah satu anak Kota Banjar yang senang menikmati secangkir kopi hangat.

Tinggalkan Balasan